Friday, February 3, 2012

Lab visitasi Unsri ke UTM

Lab Visitasi Jurusan Teknik Elektro Universitas Sriwijaya ke Universiti Teknologi Malaysia (UTM)



Untuk meningkatkan proses belajar mengajar terutama dalam peningkatan mutu layanan di Laboratorium Jurusan Teknik Elektro (TE) UNSRI, Jurusan TE mengadakan LAB Visitasi ke Institute of High Voltage & High Current (IVAT), Universiti Teknologi Malaysia pada taggal 20 Januari 2012 kemaren, rombongan yang terdiri dari Dr. Ir. Zainudin Nawawi, Ir. Sariman . M.Eng dan Bhakti Yudho Suprapto. ST.MT mengadakan kunjungan ke beberapa LAB dan ruang riset di Faculty of Electrical Engineering (FKE) UTM.



Rombongan delegasi disambut oleh Dr. Ir. Abu Bakar. M.Eng dan beberapa orang dosen UNSRI yang sedang tugas belajar Doktoral di UTM serta dua orang alumni dari TE UNSRI. Kunjungan awal di LAB pembangkitan dengan kekuatan 2 MegaVolt Computer-Controlled Impulse Generator Equipped dengan sistem resolusi kecepatan tingggi untuk data acquisition.



Selain itu terdapat beberapa peralatan lain seperti :

•clamp-on meter (3KA), Computerized Dialectric Test System for solid and Liquid Insulant (12 kV, 15A)
•Automatic Revovery Voltage meter,
•Scanning Electron Microscope,
•High current resistance Meter (0.1ohm - 20 ohm)
•Reference high voltage devider, digital transformer ratio meter (0-10000)
•automatic partial discharge cable fault locating system
•portable impulse generator for telecomunication equipment testing
•circuit breaker test set (1KA, 120V)
•Mobile test unit with portable AC, DC and impulse voltage source (280kV peak)




Tampak dalam gambar ketua jurusan TE dan sekretaris jurusan TE melihat dengan seksama beberapa peralatan dan prototype hasil dari riset mahasiswa, serta mencoba beberapa peralatan yang ada di IVAT.



Setelah mengelilingi LAB IVAT dan berjumpa dengan beberapa alumni TE UNSRI yang sedang doctoral di FKE UTM, kunjungan dilanjutkan ke LAB Mesin Motor dan disambut En. Nurdin sebagai laborannya, di dalam LAB ini kajur dan sekjur diberi penjelasan tentang proses belajar mengajar untuk mahasiswa degree (S1) dan pola pemakaian alatnya.





Setelah itu, delagasi menuju ke LAB Kontrol & Robotik yang diterima oleh En. Noh dan beberapa staff lainnya. Ada beberapa yang menarik dalam pengamatan kajur dan sekjur terutama model robot dan peralatan PLC yang ada disana, dinilai TE UNSRI sangat mampu membuatnya dan diharapkan nantinya dapat meningkatkan kemampunan mahasiswa.







Masih dalam area FKE UTM, rombongan selanjutnya menuju ke Advance Power LAB &Machine Research LAB, disini kajur dan sekjur beserta rombongan memperhatikan seksama peralatan Qontrol unit yang berada disana, diakhiri dengan kunjungan ke LAB Research student di sampingnya dan berjumpa dengan beberapa PhD student disana.





Terakhir, rombongan menuju ke LAB Power Electronic yang diterima oleh Dr. Anang Yousof dan Dr. Nik Dun, di dalam pembicaraan ini terungkap proses belajar di LAB ini yang menggunakan pendekatan PBL agar mahasiswa aktif dalam proses belajar mengajar.

No comments: