Tuesday, March 22, 2011

Mengenal Bahasa BAIK

Mengenal Bahasa Pemrograman Karya Anak Indonesia BAIK (Open Source)


Penggunaan Bahasa Komputer sebagai alat untuk berkomunikasi dengan mesin komputer merupakan syarat mutlak dalam pembuatan sebuah program komputer. Pentingnya penguasaan bahasa komputer yang merupakan infrastruktur Teknologi Informasi perlu dijembatani dengan bahasa komputer yang mudah dan ramah bagi pemakainya.



BAIK(Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer) adalah sebuah kelompok bahasa pemrograman tingkat tinggi yang menggunakan ejaan bahasa Indonesia. BAIK yang termasuk jenis bahasa interpreter diciptakan untuk semua pemrogram yang mengenal bahasa Indonesia ataupun bahasa-bahasa turunan bahasa melayu, dan dapat digunakan baik oleh para pemula maupun para pemrogram ahli. Bahasa komputer BAIK telah membuat terobosan baru dalam dunia pemrograman komputer, khususnya di Indonesia, karena memberikan kemudahan dalam membuat program komputer dengan tidak menggunakan ejaan bahasa Inggris, yang sering menjadi kendala baik dalam pencarian dokumen-dokumen bahasa pemrogramannya maupun pemahaman arti dari kata kunci-kata kunci bahasanya.





BAIK pertama kali dikembangkan pada tahun 2005 oleh penulis yang tinggal dan bekerja di Jepang, untuk memberikan kemudahan bagi pemrogram yang kesulitan menggunakan bahasa Inggris, selain untuk membantu menganalisa data network dalam unix dan windows yang ditampilkan dalam halaman web. Pada waktu itu, banyak sekali pemrogram dari berbagai negara Asia di Jepang yang menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Java, Perl maupun PHP untuk pengembangan web, dan mereka sering mengeluh tentang penggunaan istilah Inggris dalam dokumen-dokumen ataupun kode programnya. Kondisi itulah yang memberikan inspiras penulis untuk menciptakan bahasa pemrograman yang menggunakan sintaks bahasa lokal.





BAIK pertama kali dipublikasikan dalam bentuk open source beserta dokumentasi petunjuk penggunaan berbahasa Indonesia pada bulan Maret tahun 2008 di komunitas pemrograman open source - source forge (http://sourceforge. net/projects/baik/) dan sampai saat ini telah berkembang menjadi bahasa komputer berejaan Indonesia yang cukup handal untuk pemrograman web maupun pemrograman desktop. Sampai akhir Juli 2010, BAIK telah diunduh lebih dari 4000 kali dari komunitas open source di atas.





Bahasa Komputer BAIK didesain dan dirancang dengan menggunakan ejaan bahasa Indonesia untuk semua kata fungsi dalam pemrograman, agar bahasa komputer BAIK dapat dipelajari dengan mudah oleh putra-putri Indonesia sejak dini. Program dan kode sumber BAIK ditulis dan dipublikasikan dalam bentuk open source, agar mendapat masukan untuk pembaharuan maupun penambahan fungsi -fungsi bahasa pemrogramannya.



BAIK (Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer) adalah bahasa komputer ala bahasa skrip serupa dengan perl,php dan python yang didesain untuk bisa dijalankan di semua sistem operasi (OS), seperti Windows 7,Vista, XP, 2000,2003 server, 2008 server maupun Linux(Redhat, CentOS, Slackware, Ubuntu dll) , Unix(Solaris,HP-UX) termasuk Mac OS.





Interpreter bahasa pemprograman BAIK dan Buku pedoman untuk Bahasa pemrograman BAIK versi 5 dapat di download di



http://sourceforge.net/projects/baik/files/



sumber : Buku Dasar-dasar pemrograman komputer dengan bahasa BAIK

No comments: