Monday, January 23, 2012

Algoritma terbaru google

Google Indonesia Sudah Menerapkan Algoritma Panda
Saturday, October 8, 2011

Beberapa waktu yang lalu, Google sudah merilis algoritma terbaru mereka yaitu Google Panda. Google panda ini hadir dengan tujuan untuk membersihkan hasil pencarian google (serp) dari konten-konten yang tidak berkualitas. Masih ingatkan, jika kita mengetikkan sesuatu keyword di Google, ternyata yang muncul adalah situs-situs yang membingungkan pengunjung. Ketika anda masuk kedalamnya, anda akan tertipu karena konten dan artikel yang anda cari ternyata tidak ditemukan. Anda bisa baca di trik tidak terjebak hasil pencarian google yang tidak relevan.

Awal mulanya algoritma ini hanya untuk Google.com saja yang berbahasa Inggris. Namun ternyata Google Indonesia (Google.co.id) sudah mulai menerapkan algoritma ini. Ini terbukti dari beberapa eksperimen kecil Bloggerafif ketika mengikuti kontes seo Top 1 Oli Sintetik Mobil-motor Indonesia, maupun Pulauweb Web Hosting Murah Indonesia dan Bejubel Market Place Terbaik Indonesia. Artikel yang cenderung fresh dan unik artikel akan langsung menanjak naik di serp, namun tidak begitu lama akan langsung drop sedikit demi sedikit.

Ketika artikel ini disupport dengan link building yang membabi-buta, dan nyepam, artikel tersebut akan semakin jauh dropnya. Namun jika disupport dengan link building yang berkualitas, akan sedikit demi sedikit naik.




Pada algoritma ini, tampaknya juga Google tidak mempertimbangkan pagerank blog ataupun jumlah backlink yang dimiliki untuk bisa berada di puncak serp google. Karena beberapa blog yang berPR tinggi juga ternyata melesat dari puncak Google Serp.

Google Panda Algoritma lebih mengutamakan kualitas konten dan interaksi pengunjung untuk algoritma ini, seberapa lama pengunjung blog betah di dalam blog anda, ini untuk mengukur tingkat bounce rate blog anda. Untuk ini kita bisa menggunakan tips supaya tidak kehilangan pengunjung blog.

Ini hanya analisis sederhana dari seorang bloggerafif yang masih newbi, mungkin ada blogger lain yang bisa menambahkan, silahkan anda share disini melalui kotak komentar.

No comments: