Saturday, January 21, 2012

Sparepart Ponsel

Mengenal Sparepart Ponsel
OPINI | 14 May 2010 | 18:42 317 12 3 dari 4 Kompasianer menilai Bermanfaat
--------------------------------------------------------------------------------

Sebelum saya membahas lebih jauh tentang sparepart ponsel,saya akan menjelaskan dahulu apa itu sparepart,mungkin bagi anda yang awam dengan dunia teknologi akan bingung mengartikan sparepart ini.Sparepart atau dalam kata lain onderdil adalah suku cadang untuk mengganti alat atau sesuatu yang rusak dan sudah tidak layak pakai,mungkin umumnya banyak orang mengenal suku cadang itu hanya terdapat pada motor dan mobil,tetapi ponsel juga mempunyai suku cadang loh!!..hehehe



Sparepart ponsel ini bermaca-macam,layaknya sepeda motor yang terdiri dari stang,rantai,ban,velk,dll,ponsel pun demikian,walaupun ukurannya relatif kecil,namun mempunyai sparepart yang lumayan banyak pula.Berdasarkan pengalaman dan penangkapan saya,setidaknya paling sedikit ada empat belas macam sparepart ponsel itu.



Berikut ini daftar sparepart ponsel :



· Buzzer

Fungsi : Sebagai alat yang mengeluarkan nada dering pada ponsel,jika Buzzer ini rusak,maka ponsel tidak mengeluarkan nada dering.


Buzzer



· Speker

Fungsi : Sebagai alat pendengar yang mengeluarkan suara pada saat panggilan suara,jika Speker ini rusak,maka ponsel tidak mengeluarkan suara telinga saat ber telepon ria.


Speker



· Mic

Fungsi : Sebagai alat pengirim suara saat kita melakukan panggilan suara atau saat merekam,jika Mic rusak,maka ponsel tidak akan bisa mengirim suara,dan lawan bicara tidak dapat mendengar suara kita.


Mic



· Vibrator

Fungsi : Sebagai alat getar pada ponsel,jika Vibrator ini rusak,maka ponsel tidak dapat bergetar saat panggilan masuk atau saat mendengarkan musik.


Vibrator



· Plugin

Fungsi : Sebagai alat penghubung untuk asupan listrik atau recharge pada ponsel,jika plugin ini rusak,maka ponsel tidak dapat mengisi baterai.


Plugin



· Fleksibel

Fungsi : Sebagai alat penghubung antara PWB ponsel bagian bawah,dan PWB ponsel bagian atas,biasanya di gunakan pada ponsel sliding dan flip,jika Fleksibel ini rusak,maka dapat mengakibatkan ponsel mati total atau Layar ponsel blank putih.


Fleksibel



· Lcd (Liquid Crystal Display)

Fungsi : Sebagai alat untuk menampilkan berbagai macam gambar pada ponsel,jika Lcd ini rusak,maka ponsel tidak dapat berfungsi dengan baik,biasanya jika Lcd rusak hanya menampilkan layar putih atau hitam.


Lcd



Sekian dulu..Besok di lanjutkan lagi yang tersisa ya!! Hehehe

No comments: