Friday, January 6, 2012

Bagian-bagian RAM

Bagian-bagian Komputer – RAM (Memory)


August 3, 2010

Eko Purnomo

Leave a comment

Go to comments

Pengertian RAM (Random Access Memory)



RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Data dalam RAM hanya bersifat sementara, artinya jika listrik dimatikan data di dalam RAM akan hilang. Sebuah komputer membutuhkan RAM untuk menjalankan sebuag program.



Dengan RAM maka prosessor akan lebih cepat dalam mengakses program dari pada melalui harddisk. Hal ini karena Harddisk memang bukan sebuah memory melainkan lebih tepat sebagai sebuah penyimpan data.





RAM

Keberadaan RAM dapat diibaratkan dengan meja kerja dan Harddisk diibaratkan dengan lemari arsip. Jika kita akan bekerja, pada awalnya kita ambil berkas dari lemari arsip lalu dipindah ke meja kerja supaya memudahkan dan mempercepat proses pengerjaan. Setelah selesai maka berkas tersebut kita simpan kembali di lemari arsip.



Contoh beberapa merk RAM



1.V-gen

2.Kingston

3.Visipro

4.Ramos

5.Samsung

6.Hynnix

7.dll.

Generasi RAM dari waktu ke waktu



•Static RAM (SRAM)

•Non Nolatile RAM (NV-RAM)

•Dynamic RAM (DRAM)

•Syncronous DRAM (SDRAM)

•DDR RAM (Dual data rate RAM)

•DDR II RAM (DDR generasi kedua)

•DDR III RAM (DDR generasi ketiga)

Komponen elektronika didalam RAM



1.Printed Circuit Board (PCB) adalah papan/board untuk meletakkan komponen yang berisi jalur koneksi komponen yang satu dengan komponen yang lain. PCB terbuat dari pertinak/fiber tang dilapisi tembaga atau perak. Biasanya PCB berwarna hijau dan berisi beberapa lapis/layer tembaga.

2.Contact Point adalah pin-pin koneksi RAM yang data dari motherboard ke RAM atau sebaliknya. Contact point yang baik terbuat dari emas karena memiliki nilai konduktivitas (hubungan listrik) yang baik. Pada sela-sela contact point biasanya ada lekukan yang disebut notch. Lekukan ini berfungsi mencegah pemasangan RAM terbalik dan menyetabilkan posisi RAM pada motherboard. Disarankan tidak memegang contact point dari RAM untuk mencegah oksidasi yang berakibat mengganggu koneksi dari RAM.

3.Chip DRAM adalah komponen utama RAM. Chip ini berbentuk IC, dan sangat peka terhadap muatan statis, jadi sebaiknya tidak memegang RAM secara langsung agar chip tidak rusak dan awet.

Kebutuhan RAM pada beberapa komputer relatif berbeda tergantung kebutuhan dan pemakaian. Untuk program besar dan menggunakan sistem pengolah data yang kompleks seperti aplikasi grafis dibutuhkan RAM yang lebih besar.



Estimasi kebutuhan RAM pada beberapa pogram aplikasi



1.Windows XP = 100MB

2.Office, seperti :Ms. Word, Excel, Powerpoint = 20MB

3.Browser, seperti: Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome = 50MB

4.Grafis, seperti: Corel, Photoshop = 100MB lebih, tergantung file yang dikerjakan

5.Multimedia, seperti: Winamp, Video Player = 30MB

Jadi dengan demikian kita dapat menghitung kebutuhan RAM untuk komputer kita. Ciri-ciri kalau komputer sudah kehabisan RAM adalah sering munculnya animasi jam pasir atau icon menunggu. Selain itu penggunana RAM juga dapat dipantau melalui task manager.



Cara mendeteksi pemakaian RAM pada komputer



1.Buka task manager dengan mengetik ctrl+alt+del lalu klik tab performance.

2.Bandingkan jumlah yang ada pada Physical memory dan jumlah memori pada Commit Charge.

3.Jika Physical memory lebih besar berarti stok memori masih ada, namun jika Physical Memory lebih kecil berarti komputer kekurangan RAM.

No comments: