Tuesday, January 17, 2012

Inilah Robot Humanoid Next Generation


By Angelina

December 14th, 2011
Categories: Popular ScienceShare4 Nao adalah robot humanoid berukuran sedang yang dapat diprogram. Robot ini dikembangkan oleh Aldebaran Robotics, sebuah perusahaan startup dari Prancis. Proyek Nao diluncurkan tahun 2004 lalu. Pada tahun 2007, Nao menggantikan robot anjing milik Sony yaitu Aibo sebagai robot yang digunakan dalam kompetisi Liga Platform Standar (LPS) di Piala Dunia Sepak bola robot (RoboCup). RoboCup merupakan kontes robotika internasional.



Robot humanoid ini terus dikembangkan oleh developer dari perusahaannya. Diberitakan bahwa Nao akan menggunakan prosesor atom 1.6GHz serta dual HD Camera yang akan membantunya mengenali barang meskipun dalam keadaan gelap. Meskipun robot ini terlihat tidak banyak berubah, ia telah memperoleh sejumlah upgrade software, termasuk pengenalan suara, pengembangan algoritma saat berjalan, dan sejumlah pengukuran untuk mengurangi tabrakan saat bergerak.







Seperti sebelumnya, robot ini lebih banyak digunakan oleh pengembang dan orang yang melakukan riset. Namun, pemilik perusahaan Aldebaran ini menyatakan bahwa perusahaannya akan tetap meningkatkan kinerjanya untuk menciptakan Nao yang digunakan secara personal. Berikut videonya

No comments: